GLUTEN FREE VEGAN PAPAYA CAKE

gluten free vegan papaya cake


Bermula dari kebingungan saya untuk menghabiskan pepaya pemberian kerabat yang begitu banyak, sementara saya bukan penggemar buah manis berwarna jingga kekuningan ini. Dimakan mentah begitu saja, saya hanya sanggup memakan beberapa potong saja. Itu pun dengan sedikit ogah-ogahan.

Saya pun mulai searching resep camilan berbahan pepaya. Dengan modifikasi di sana sini dari beberapa resep yang saya temukan, akhirnya terciptalah resep ini. Resep Gluten Free Vegan Papaya Cake ini saya dedikasikan untuk mereka yang menghindari makanan yang mengandung gluten dan produk hewani.


Langkah pembuatan cake ini tidak sulit, sesuai dengan prinsip gak mau ribet yang saya anut dalam memasak 😁 Hanya saja memang tidak semudah membuat no bake cake. Yang ini perlu sedikit effort untuk memasaknya.


Langkah awalnya, cukup haluskan pepaya yang sudah dipotong kecil dan irisan gula aren menggunakan blender.


gluten free papaya cake step

Lalu aduk dengan bahan kering sampai tercampur rata. Tuangi minyak nabati dan aduk rata. Untuk minyak ini, bisa minyak nabati apa saja. Saya menggunakan rice bran oil karena ini termasuk minyak yang baik untuk kesehatan.


Setelah adonan siap, tuang ke dalam loyang tulban berdiameter 20 cm yang sudah diolesi minyak, lalu panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.


vegan papaya cake step


Bagian memanggang ini yang memerlukan effort lebih, ini karena saya menggunakan oven kompor jadul yang lumayan tricky penggunaannya. Cara saya adalah memanggang dengan api sedang di rak bawah, pada 30 menit pertama, lalu loyang dipindah ke rak atas selama 20 menit atau sampai matang. Waktu memanggang bisa ditambah jika cake masih belum padat, mengingat cake ini berbahan pepaya yang banyak kandungan airnya.



GLUTEN FREE VEGAN PAPAYA CAKE


papaya cake gluten free



BAHAN

  • 400 gr pepaya matang potong kecil
  • 150 gr gula aren diiris
  • 200 gr tepung beras
  • 50 gr tepung tapioka
  • 50 gr tepung maizena
  • 1 sdt baking powder
  • ½ sdt soda kue
  • 1 sdm fiber creme atau santan bubuk
  • ¼ sdt garam
  • 125 ml minyak nabati
  • 1 sdm biji wijen


CARA

Campur ketiga macam tepung bersama baking powder, soda kue, fiber creme, dan garam. Sisihkan.


Blender pepaya dan gula aren sampai halus. Tuang ke dalam campuran tepung. Aduk sampai rata.


Terakhir campurkan minyak nabati. Tuang adonan ke dalam loyang tulban berdiameter 20 cm yang sudah diolesi minyak. Taburi biji wijen.


Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan 10 menit. Panggang dengan api sedang selama 50 menit.


Angkat, dinginkan.                                  Cake siap dipotong dan disajikan.

Enjoy !


NOTES

Cake ini  tahan selama 3 hari di suhu ruang dengan rasa yang tidak berubah. Hanya teksturnya jadi mengeras karena berbahan tepung beras.

Komentar

Postingan Populer