SOSIS VEGAN GLUTEN FREE



sosis vegan gluten free


Melihat resep-resep sosis vegan yang populer di internet, hampir semuanya menyertakan vital wheat gluten sebagai bahannya. Ini memang lazim untuk menyiasati agar teksturnya serupa daging, ada kenyal-kenyalnya. Tapi saya ingin membuat sosis yang selain plant based juga gluten free. Dan yang tidak kalah penting, menggunakan bahan-bahan yang familiar, yang mudah dibeli di warung sekitar rumah, kalau bisa tidak perlu beli secara online. Semangat itulah yang mendasari saya untuk meracik resep ini. Hasilnya cukup memuaskan... setidaknya menurut saya sendiri 😁


Saya tidak tahu berapa persen daging yang terkandung di dalam sosis siap beli produksi pabrikan. Di dalam resep ini, sebagai pengganti daging saya menggunakan jamur dan tempe yang merupakan protein plant based  dengan persentase yang cukup besar. Sementara sebagai perekat adonan, saya menggunakan tepung  beras dan corn starch (maizena) yang tentu saja bebas gluten. Teksturnnya memang tidak kenyal dan empuk seperti lazimnya sosis reguler. Yang ini teksturnya padat, tapi..... pastinya padat juga gizinya 😊

Selain bahannya yang mudah didapat dan affordable,  proses pembuatan sosis ini juga cukup mudah.


sosis plant based


Tempe harus dikukus terlebih dahulu untuk menghilangkan bau langunya. Jamur ditumis bersama bawang putih sampai airnya kering, lalu masukkan tempe dan tumis sebentar. Setelah dingin, haluskan kedua bahan di dalam blender.  Blender yang saya gunakan adalah blender untuk mencincang. Jika tidak ada bisa menggunakan blender wet mill. Untuk menghaluskannya jangan dalam sekali waktu tapi bagi menjadi 2 atau 3 bagian. Setelah cukup halus, aduk bersama tepung  dan bumbu-bumbu sampai menjadi adonan yang kalis. Bagi adonan menjadi 4 bagian, masing-masing dibentuk silinder panjang. Untuk tiap bagian, potong jadi 3 buah sosis.


gluten free sosis


Proses terakhir adalah pematangan. Saya memilih metode menggoreng dengan sedikit minyak di atas fry pan teflon. Untuk metode mengukus, belum saya coba, karena saya tidak punya aluminium foil untuk membungkus sosis supaya tidak lengket.  Lain kali saya akan coba cara dikukus ini dan akan saya update hasilnya.

Sosis ini bisa disantap tersendiri, ataupun bersama roti dan nasi layaknya sosis reguler. Bisa juga menjadi pelengkap seperti dalam masakan schotel vegan dan kubis tumis apel.




SOSIS VEGAN GLUTEN FREE


vegan sosis


BAHAN

  • 200 gr jamur tiram, cuci, peras airnya, disuir-suir
  • 100 gr tempe, potong-potong, kukus
  • 60 gr tepung beras
  • 20 gr tepung maizena
  • 2 siung bawang putih, geprek, cincang
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • ¾ sdt merica bubuk
  • ½ sdt cabe bubuk
  • ¼ sdt kaldu jamur
  • ⅛ sdt pala bubuk
  • 1 sdt minyak nabati


CARA

Panaskan 1 sdt minyak di atas wajan. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan jamur, tumis sampai tak berair. Masukkan tempe, tumis sebentar. Angkat, dinginkan.


Tempatkan ½ atau ⅓ bagian tumisan jamur dan tempe di dalam blender untuk mencincang atau wet mill. Giling sampai halus. Lakukan hal yang sama untuk bagian sisanya.


Sementara itu campur 2 tepung beserta bumbu-bumbu.                            Campurkan adonan jamur dan tempe ke dalam tepung. Aduk sampai tercampur rata dan kalis.


Bagi adonan menjadi 4 bagian. Bentuk tiap bagian menjadi silinder panjang untuk 3 potong sosis. Lakukan sampai adonan habis.


Olesi wajan anti lengket dengan minyak. Panggang 6 potong sosis, mula-mula dengan api sedang, lalu dengan api kecil. Pastikan semua bagiannya matang dengan membolak baliknya. Jika warnanya sudah merata kecoklatan, angkat.


Sosis vegan siap disantap bersama roti atau nasi. Bisa juga sebagai pelengkap dalam masakan lain seperti schotel vegan dan kubis tumis apel.

Enjoy !


NOTES

Sosis yang tidak habis sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Pengalaman saya, di dalam kulkas ( bukan freezer) sosis masih dalam kondisi baik  setelah 10 hari disimpan. Mungkin saja bisa tahan lebih lama, tapi saya belum mencoba menyimpannya lebih dari 10 hari.


Komentar

Postingan Populer