CAKE BASAH PEPAYA COKLAT

 

cake basah pepaya coklat


Kali ini cake pepayanya agak beda. Ada tambahan coklat dan teksturnya basah mirip talam. Saya pakai tepung beras dengan rasio yang jauh lebih kecil dibanding pepayanya karena memang ingin mendapatkan tekstur seperti ini. Saya namai saja cake basah pepaya coklat karena dipanggang di dalam oven bukannya dimasak seperti lazimnya talam.


cake pepaya basah


Masih bereksperimen dengan pepaya. Sepertinya harus banyak ide kreatif untuk mengolah pepaya ini, karena saya sering dapat kiriman pepaya. Resep ini berbeda dari resep cake pepaya saya yang pertama, gluten free vegan papaya cake. Di dalam resep ini saya tambahkan coklat bubuk. Pepaya yang digunakan juga lebih banyak sementara tepung berasnya jauh lebih sedikit. Sebuah kesengajaan yang saya rencanakan untuk mempercepat habisnya pepaya 😁.


Entah mengapa saya merasa tersiksa kalau harus makan banyak pepaya dalam wujud dan rasa aslinya. Jadinya harus putar otak dan mikir keras untuk mengolahnya menjadi bentuk lain yang saya enjoy memakannya.


pepaya coklat cake


Untuk kalian yang sama seperti saya, kurang suka pepaya dan bingung untuk menghabiskannya, yuk dicoba bikin cake ini. Cake ini vegan friendly dan bebas gluten juga lho.

Untuk inspirasi resep pepaya lainnya bisa dicoba juga gluten free vegan papaya cake ini.

Selamat mencoba !




CAKE BASAH PEPAYA COKLAT



cake pepaya coklat basah



BAHAN

  • 600 gr pepaya matang manis yang sudah dikupas dan dibuang bijinya
  • 90 gr tepung beras
  • 80 gr gula aren, sisir
  • 15 gr coklat bubuk
  • 1 sdm fiber creme
  • ⅓ sdt baking powder
  • Sejumput garam
  • 2 sdm minyak nabati



CARA

  • Campur tepung beras, coklat bubuk, fiber creme, baking powder, dan garam sampai rata. Sisihkan.                                    
  • Pepaya dipotong-potong kecil, lalu haluskan dengan sendok atau garpu.                                                                               
  • Tambahkan gula aren, aduk rata.      Tambahkan minyak nabati, aduk rata.                                                        Masukkan campuran tepung, aduk rata.                                                                                
  • Tuang adonan ke dalam loyang loaf yang sudah diolesi minyak.                Tempatkan loyang di dalam oven yang sudah dipanaskan.                      Panggang selama 45 – 50 menit dengan api sedang.                              25 menit pertama simpan loyang di rak bawah, lalu pindahkan ke rak atas. Tujuannya supaya cakenya matang merata, mengingat adonannya yang sangat basah.                                                     
  • Angkat. Dinginkan. Potong-potong dan sajikan. Cake ini harus benar-benar dingin supaya bisa dikeluarkan dari loyang dan supaya tidak lengket saat dipotong.                Enjoy !

Komentar

Postingan Populer